Selasa, 28 April 2009

Jatuh? Ayo...Bangun Lagi!

Bacaan : Yeremia 8 : 4a

Engkau harus mengatakan kepada mereka : "Beginilah Firman Tuhan : Apabila orang jatuh, masakan ia tidak bangun kembali."

Siapakah yang belum pernah jatuh dalam kehidupannya? Saya rasa sebagian besar diantara kita pastilah pernah merasakan jatuh. Baik jatuh secara fisik ataupun jatuh secara batiniah, kejiwaan bahkan mentalitasnya. Bahkan ada juga beberapa orang yang mengalami jatuh lebih dari satu kali dalam kehidupannya.
Pada saat kita jatuh, hanya ada dua pilihan yang bisa kita ambil, yaitu tetap terpuruk dalam kondisi dimana kita jatuh atau kita mencoba untuk bangkit dan berdiri lagi. Orang yang lebih memilih jalan pertama masuk dalam kategori orang yang mudah menyerah dan cenderung pasrah dengan apa yang dialaminya. Namun orang yang mencoba untuk bangun kembali ketika ia jatuh adalah orang-orang yang pantang menyerah dan masih memiliki harapan untuk menjalani hidup dengan lebih baik.
Untuk bangun lagi dari posisi jatuh, kita bisa juga minta pertolongan kepada orang lain jika kita tidak mampu melakukannya sendiri. Terlebih lagi, kita juga bisa minta pertolongan kepada Tuhan ketika kita jatuh. Tuhan Yesus adalah Tuhan yang maha baik, yang akan selalu membantu kita dala setiap penderitaan kita, meskipun terkadang kita tidak menyadarinya. Daripada harus mengumpat dan berbicara yang tidak-tidak saat kita jatuh, mulailah untuk meminta pertolongan kepada Tuhan, karena dari situlah akan datang pertolongan yang luar biasa.
Jadi, cobalah untuk bangkit dengan minta pertolongan Tuhan pada saat kita jatuh, daripada terus bertahan dalam keterpurukan yang akan membuat kita terus merasakan penderitaan.

Tidak ada komentar: